Main Menu

 SEKOLAH
 PEMBANGUNAN JAYA

Belajar dengan

Kunjungan lapangan (field trip) SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo telah dilaksanakan pada Senin, 16 Maret 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di PT Garuda Food yang berlokasi di kecamatan Driyorejo, Gresik, itu dilakukan tepat satu harus sebelum pelaksanaan belajar di rumah (learn from home) bagi siswa.

Sempat mengalami hambatan, seperti respon beberapa orang tua yang khawatir karena merebaknya Covid-19, sekolah berhasil meyakinkan pihak wali murid terkait terjaminnya kebersihan selama proses pelaksanaan kunjungan lapangan. Hal itu dikarenakan kerja sama kunjungan dilakukan sebelum wabah Corona melanda, dan belum ditemukan satu pun warga Gresik yang terjangkit. Selain itu, perusahana juga menjamin kebersihan karena telah menerapkan protokol berlaku, mulai dari pengecekan suhu tubuh siswa saat memasuki PT Garuda Food, hingga disediakannya pembersih tangan (hand sanitiser).

Sebanyak 38 siswa pun telah mengikuti studi lapangan tentang tata kelola serta pemakaian teknologi 4.0 pada perusahaan yang didirikan sejak 1958 tersebut. Dalam kunjungan ini, siswa melihat secara langsung proses pembuatan produk-produk Garuda Food, seperti malkiest dan wafer.

Sebagian besar proses pembuatan telah memanfaatkan teknologi untuk menjaga kehigienisan suatu produk. Proses itu dapat dilihat oleh siswa melalui kaca dalam sebuah ruang sambil menikmati varian produk Chocolatos secara gratis.

Tidak hanya itu, siswa juga didampingi oleh pihak perusahaan untuk menikmati fasilitas yang disediakan, seperti wahana 4D yang menggunakan teknologi Virtual Reality. Dalam pelaksanaannya, siswa merasa senang karena sleain belajar tentang perkembangan industri PT Garuda Food, mulai dari sejarah berdirinya perusahaan, inovasi produk, hingga pengelolaan limbah, mereka juga menikmati permainan berbasis teknologi yang disediakan.

Kunjungan lapangan ini merupakan salah satu wujud dari smart curriculum yang diterapkan oleh SMA Pembangunan Jaya 2. Dalam kurikulum tersebut, guru antarbidang studi berdiskusi terkait tugas terstruktur yang berkaitan serta dapat dikolaborasikan satu sama lain. Tugas tersebut dilaksanakan oleh siswa selama proses kunjungan.

Didampingi oleh empat guru, yang terdiri atas Bentina Laila Fitri, Denika Hadi, Joseph Lidi, dan Mochamad Gigih Pebrianto, kegiatan yang dilasakanakan sejak pagi hingga pukul 12.00 siang ini berjalan sesuai rencana. (GG)

Back to top